Saat para jamaah haji dan umroh tiba di Tanah Suci, segera melakukan pemeriksaan di imigrasi. Persiapkan paspor dan dokumen identitas diri yang akan diperlukan saat pemeriksaan.

Setelah itu para jamaah akan diantar ke hotel untuk meletakkan barang-barang. Pada itinerary atau jadwal kegiatan ibadah umroh biasanya para jamaah dapat langsung menuju tenpat ibadah seperti Masjid Nabawi dan lain-lain.

Namun bila Anda merasa terlalu lelah, Anda dapat menghubungi pemimpin tour atau pembimbing agar dapat beristirahat sejenak.Bersikaplah yang baik dan sopan saat berada di Tanah Suci, jangan memakai perhiasan berlebihan atau menampakkan aurat.

Penundaan terhadap pelaksanaan amal-amal kebaikan karena meunggunya kesempatan merupakan bagian dari kebodohan diri

Tips Saat Di Tanah Suci

Tips Ketika Berada di Tanah Suci

Kita tahu bahwa Tanah Suci memiliki keadaan yang cukup berbeda dengan Tanah Air, oleh karena itu terdapat beberapa tips selama kita berada di Tanah Suci yakni

  1. Menjaga kondisi kesehatan tubuh.

Musim haji bersamaan dengan berlangsungnya musim panas, karena itu jagalah benar-benar kesehatan sebab kelelahan dan dehidrasi dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Selalu gunakan masker sebab Anda sedang berkumpul bersama jutaan manusia dari seluruh penjuru dunia yang kita tidak tahu dia sedang membawa penyakit apa. Gunakan energi, waktu dan tenaga Anda sebaik-baiknya, hindari beraktifitas berlebihan terutama dibawah sinar matahari yang panas dan terik.

Gunakan pelindung seperti payung dan jaket pada malam hari bila suhu cukup dingin, terutama pada waktu Tanah Suci ketika sedang musim dingin

  1. Perhatikan cara berpakaian ihram dengan benar.

Ikuti instruksi bagaimana cara berpakaian ihram yang benar dan tidak mudah terbuka terutama bagi laki-laki karena hanya terdiri dari dua potong kain tanpa berjahit.

Aurat adalah hal yang sangat penting yang dapat berpengaruh pada sah tidaknya ibadah yang Anda lakukan.

Untuk wanita karena bentuknya mirip mukena 2 potong masih lebih mudah digunakan. Hindari bahan yang terlalu tebal sebab tidka nyaman bila digunakan di siang yang panas, gunakan bahan yang dapat menyerap keringat dan tidak terlalu tipis terutama bagi perempuan.

  1. Menjauhi larangan yang telah ditetapkan.

Pada saat berada di Tanah Suci perhatikan larangan apa saja yang harus Anda ketahui agar Anda terhindar dari membayar denda atau hukuman.

Beberapa larangan tersebut diantaranya adalah membunuh hewan dengan sengaja,memotong tumbuh-tumbuhan, dilarang mengambil barang yang tercecer kecuali menyerahkannya kepada petugas yang berwenang, dilarang berkata-kata kotor atau berbuat yang tidak sopan.

  1. Perbanyaklah melakukan amal ibadah.

Ibadah yang dilakukan tidak hanya membaca Al Qur’an, dzikir atau melakukan sholat wajib dan sunnah baik di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi. Namun memberikan sedekah kepada petugas kebersihan masjid dan orang-orang yang membutuhkan juga termasuk dalam ibadah.

Satu lagi, hanya dengan berkata baik atau menyingkirkan duri atau batu di jalan juga merupakan kebaikan paling sederhana namun dapat bernilai ibadah.

  1. Istirahat cukup dan perhatikan pola makan.

Meski kegiatan ibadah sangat padat terutama pada pelaksanaan ibadah haji dan sangat menguras energi seperti saat wukuf dan melempar jumroh Anda tetap harus cukup beristirahat.

Meski Anda ingin sekali bersholat tahajud hingga subuh, namun sebaiknya bila tubuh sudah memperlihatkan gejala kelelahan hendaknya Anda segera beristirahat dan tidur meski sejenak.

Meski Anda kurang cocok dengan makanan selama di Arab Saudi, Anda harus tetap makan. Anda dapat membawa bahan makanan Indonesia secukupnya misalnya sambal sachet, garam atau abon dan lain-lain.

Perbanyak konsumsi buah dan air putih terutama air zam-zam karena memiliki khasiat baik untuk kesehatan dan dapat mengenyangkan.

 

Tips Ketika Di Tanah Suci

Beberapa Tips Saat Menjalankan Ibadah Haji dan Umroh

  • Kenali Lokasi Tempat Anda Berada

Saat tiba di Makkah dan Madinnah atau bahkan sebelumnya Anda dapat mencari informasi tentang dimana Anda akan menginap, catat nama hotel, nomor kamar (saat check in), dan alamat serta nomor telepon.

Catat dan masukkan ke dalam dompet atau tas tangan yang Anda bawa saat melaksanakan ibadah haji dan umroh. Anda juga dapat mencatat nomer telepon nomer telepon ketua rombongan dan pembimbing umroh (muthawwif) bila terjadi Anda tersesat atau tiba-tiba sakit

  • Kenali Orang di Sekitar Anda

Kenali siapa petugas penyelenggara haji atau umroh yang berada dalam rombongan Anda. Kenali dan ingat warna seragam yang mereka kenakan serta pastikan telah memiliki identitas resmi.

Hal tersebut untuk menghindari penipuan dari orang-orang yang tidak Anda kenali, terutama bila Anda adalah jamaah perempuan atau baru pertama kali datang ke Tanah Suci.

  • Selalu Bersama Rombongan Dalam Segala Aktivitas

Usahakan untuk selalu bersama rombongan bila akan berangkat ke Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Hindari bepergian sendiri bila Anda adalah jamaah perempuan atau baru pertama kali tiba di Tanah Suci. Usahakan ada teman seperjalanan yang telah untuk pergi bersama Anda.

  • Membawa Tandal Pengenal 

Jangan lupa untuk selalu mengenakan gelang pengenal atau ID card yang digantungkan di tubuh Anda agar mudah dikenali dan mudah untuk mencari pertolongan sebab Anda telah dikenali dari negara Anda berasal.

Meski terdapat kendala bahasa bila ada petugas dari Arab Saudi, namun dengan ID card yang Anda perlihatkan mereka akan mencarikan petugas dari Indonesia untuk membantu Anda.

Saat tersesat atau tiba-tiba sakit, berusahalah untuk tenang dan tidak panik. Kondisi yang kelelahan dan kebingungan kadang dapat memicu masalah kesehatan seperti pusing dan mual.

Istirahatlah sejenak sambil berdoa dan menunggu bantuan. Saat kondisi jiwa dan hati Anda telah stabil, akan relatif lebih mudah untuk mengingat kembali jalan kembali ke hotel atau tempat beribadah.

Bila Anda menemui rombongan dari biro travel lain namun berasal dari Indonesia, Anda dapat bergabung hingga dapat ditemukan kembali dari ID card yang Anda gunakan.

Tips Pada Saat Di Tanah Suci

Tips Ketikan Akan Pulang dari Ibadah Haji dan Umroh

1. Selalu Periksa Barang Bawaan Anda

Periksa kembali dengan seksama barang-barang Anda, jangan sampai barang berharga Anda ketinggalan di hotel saat akan check out. Periksa apakah dokumen seperti tiket pesawat, paspor, ID card, handphone, dompet dan lain-lain telah Anda bawa saat check out.

2. Oleh-oleh dari Tanah Suci

Saat Anda berada di Tanah Suci barangkali Anda ingin memberikan hadiah berupa oleh-oleh khas Arab Saudi. Perhatikan barang bawaan Anda jangan sampai kelebihan (overweight), sebab Anda harus membayar biaya kelebihan bagasi Anda dari berat maksmimal yang telah ditentukan.

Biasanya oleh-oleh yang banyak dibawa para jamaah haji dan umroh adalah kurma nabi yang harganya relatif lebih murah bila jamaah membelinya di kota Madinah, air zam-zam yang dibatasi beratnya, buku-buku sejarah agama Islam yang dapat diperoleh di Madinah, perhiasan emas dan lain-lain.

Untuk barang berharga seperti perhiasan, hendaknya di bawa masuk kabin, jangan diletakkan di bagasi agar terhindar dari resiko hilang.

3. Berikan Identitas Pada Barang Bawaan Anda

Jangan lupa untuk memberi identitas koper dan barang bawaan Anda yang akan masuk bagasi pesawat. Beri tanda pengenal yang mudah Anda kenali agar tidak tertukar dengan barang milik jamaah lainnya. Ikat jadi satu bila tas Anda lebih dari satu agar tidak tercecer.

4. Selalu Membaca Doa atau Dzikir

Tak jarang terjadi keterlambatan saat hendak menunggu pesawat di bandara King Abdul Aziz, daripada menggerutu atau mengeluh, perbanyaklah membaca doa agar selamat hingga tiba di Tanah Air. Ibadah yang cukup berat telah Anda lakukan sudah Anda lalui dengan baik, semoga dapat menjadikan Anda orang yang lebih bersyukur dan lebih baik.

when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it

Itulah beberapa tips seputar perjalanan ibadah ketika Anda berada di Tanah Suci. Semoga ibadah haji dan umroh Anda berjalan lancar dan dihindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here