Ibadah haji dan umroh dilakukan di Tanah Suci Mekkah yang jarak perjalanannya kurang lebih 9 jam dari Indonesia dengan naik pesawat. Bagi sebagian orang hal ini bukan waktu yang sebentar bahkan cukup melelahkan.

Agar perjalanan ibadah haji dan umroh Anda nyaman, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan, diantaranya adalah :

  1. Buat tempat duduk senyaman mungkin, bila perlu Anda bisa bantuan pramugari untuk men-set tempat duduk Anda.
  2. Bawa barang yang penting saja dan diperlukan hanya di perjalanan atau pesawat saja seperti perlengkapan ibadah, perlengkapan mandi dan buku bacaan atau rekaman murotal dalam smartphone Anda, jangan lupa set mode airplane.
  3. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein, bila ingin kopi secukupnya saja. Perbanyak konsumsi air putih, dan jangan makan berlebihan.
  4. Selalu gunakan sabuk pengaman selama di dalam pesawat.
  5. Perjalanan jauh selama 9 jam dalam posisi duduk tentu akan menyebabkan punggung dan kaki capek karena ditekuk, gerakkan kaki setiap 2-3 jam sekali agar tidak kaku dan untuk menghindari tersumbatnya pembuluh darah akibat pembekuan pembuluh darah vena.
  6. Agar terhindar dari resiko nyeri pada telinga akibat perbedaan tekanan udara, buka mulut saat pesawat akan naik dan turun. Kunyah permen saat pesawat akan naik dan turun sehingga Anda membuka mulut untuk mengurangi resiko telinga sakit.
  7. Buang air kecil di pesawat memang cukup merepotkan terutama yang kurang terbiasa dengan toilet duduk namun jangan tunda keinginan untuk buang air kecil sebab akan beresiko pada kesehatan jamaah. Bila belum paham bagaimana cara menggunakan toilet di pesawat terutama bagi para lansia, para pramugari dan pramugara dapat membantu Anda.
  8. Jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan selama perjalanan dapat Anda gunakan untuk berdizikir atau membaca bacaan Al Qur’an Anda dengan suara pelan atau dalam hati.
  9. Ikuti dan patuhi semua instruksi awak kabin demi kenyamanan dan keselamatan Anda.

Maskapai Penerbangan Ke Tanah Suci

Tips Saat Transit di Bandara

Saat Anda memilih sebuah paket ibadah umroh maupun haji, Anda mungkin akan menemukan paket ibadah tersebut menggunakan pesawat direct flight atau transit. Direct flight adalah penerbangan langsung tanpa transit, apabila transit hanya mengisi bahan bakar sejenak dan penumpang tetap berada di dalam pesawat.

Sedangkan bila Anda memilih penerbangan transit pesawat akan berhenti dalam jangka waktu tertentu untuk menunggu penerbangan berikutnya, normalnya transit paling lama sekitar 2-4 jam. Anda diperbolehkan keluar dari pesawat dan berada di sekitar bandara udara.

Rata-rata Durasi Penerbangan Dari Jakarta Ke Madinah memakan waktu sekitar 9 jam 30 menit

Anda dapat beristirahat di lounge bandara, atau bila waktu transit lebih dari 2 jam, Anda dapat berjalan-jalan di luar bandara. Jangan lupa untuk kembali 1 jam sebelum pesawat Anda berikutnya berangkat.

Bila Anda tidak ingin meninggalkan bandara dan memutuskan menunggu pesawat berikutnya di ruang tunggu Anda dapat memanfaatkan fasilitas free wifi bandara untuk menghubungi keluarga di Tanah Air atau sekedar browsing untuk mengusir kebosanan.

Bila Anda akan melanjutkan perjalanan dengan pesawat yang sama Anda hanya akan turun dengan membawa barang bawaan kabin mereka dan kemudian melapor ke meja transit. Selanjutnya Anda akan mengikuti prosedur pemeriksaan paspor lengkap sebelum kembali naik pesawat.

Hingga kini masih kurasa rindu
Pada Tanah Haram bumi penuh berkah-Mu
Semoga Allah mengizinkan untuk datang
Sebelum badan dikandung tanah…

Bila Anda menggunakan pesawat yang berbeda untuk perjalanan berikutnya, Anda harus turun dari pesawat, membawa seluruh barang yang Anda bawa di kabin lalu antre bagasi untuk mengambil tas bawaan Anda lainnya bila ada. Lalu menuju terminal keberangkatan internasional  untuk melakukan check in dan pemeriksaan imigrasi sebelum naik pesawat.

Bila Anda menghadapi kendala, datanglah kepada petugas bandara yang dapat membantu Anda menyelesaikan permasalahan Anda seperti bagasi yang hilang, rusak dan lain-lain.

Penerbangan Tanah Suci

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here