Inilah Biaya Haji Terbaru yang Dirilis Pemerintah

0
121

biaya-haji-2019-2020

Untuk melaksanakan ibadah haji ke Baitullah memang diperlukan paket berpergian yang tidak sedikit. Itulah mengapa Allah mewajibkan ibadah haji hanya untuk umatnya yang mampu. Jika Anda sudah diberi kelapangan rezeki, tentunya bisa mendaftar saat ini juga. Pasalnya waktu tunggu keberangkatan haji semakin lama.

Ibadah haji sendiri dilakukan oleh umat muslim di seluruh dunia pada waktu dan tempat yang sama. Bagi Anda yang ingin beribadah haji, sebaiknya jangan menunda-nunda mendaftar. Jangan sampai karena menunda mendaftar Kita tidak mampu haji karena melewatkan waktu kelebihan harta yang diberikan oleh Allah.

Berhaji dalam keadaan mampu rezekinya adalah pilihan yang paling tepat. Di bawah ini merupakan kisaran biaya yang dikeluarkan saat beribadah haji.

Biaya Haji Terbaru Paket Reguler dan Plus

biaya-haji-2019-2020

Setiap tahun pemerintah menetapkan Anggaran haji terbaru. Hal ini disesuaikan dengan akomodasi serta kurs Rupiah terhadap Dollar. Berikut kisaran berpergian Haji reguler dari pemerintah:

  1. Untuk yang datang dari Embarkasi di Pulau Sumatera, biaya dari 30 Juta sampai 33,5 Juta Rupiah.
  2. Jamaah yang datang dari Embarkasi Pulau Jawa biayanya dari sekitar 35 Juta sampai 37 Juta Rupiah.
  3. Sedangkan dari embarkasi Pulau Kalimantan dan Lombok sekitar 38 Juta Rupiah
  4. Sedangkan untuk embarkasi Makasar sekitar 39 Juta Rupiah.

Menurut standar yang telah ditetapkan pemerintah, di Arab Saudi jamaah haji akan mendapatkan standar minimal yaitu, transportasi, konsumsi, dan akomodasi. Ketika aspek tersebut tentunya sudah di atur tingkat kelayakannya. Mulai dari kualitas transportasi, nilai gizi makanan, sampai keperluan akomodasi yang dibutuhkan jamaah haji selama menjalankan ibadah.

Selain haji reguler, biasa ada pilihan lain dengan mengikuti paket haji plus. Dibanding dengan reguler, waktu tunggunya lebih pendek. Selain itu waktu pelaksanaan ibadah haji lebih pendek dibandingkan haji reguler. Untuk biaya dari 60 Juta Rupiah sampai 150 Juta. Tergantung biro perjalanannya dan fasilitas yang diberikan.

Itulah biaya yang perlu Anda persiapkan ketika ingin menjalankan ibadah haji. Biasanya jamaah haji akan mendapatkan kembalian jika kurs Dollar turun dari saat pembayaran. Meskipun terlihat mahal, namun fasilitas dan nilai ibadah yang Anda dapat sesuai dengan biaya haji yang telah Anda keluarkan.