Beberapa Perbedaan Ibadah Haji dan Umroh

0
32
perbedaan-ibadah-haji-dan-umroh

Dalam setiap agama tentunya memiliki suatu aturan serta larangan sesuai ketentuan syariat masing-masing seperti halnya dalam agama Islam. Kita sebagai seorang muslim tentunya wajib melaksanakan ibadah sholat wajib lima waktu. Namun dalam Islam menjelaskan barang siapa yang menjalankan ibadah wajib dan sunnah maka Allah akan menjanjikan surga pada umatnya, seperti haji dan umroh.

Seperti halnya melaksanakan rukun iman dan Islam, berbagai ibadah yang Kita laksanakan tentunya ada satu ibadah yang mana merupakan ibadah penyempurna bagi kaum muslim. Melaksanakan ibadah haji memang suatu harapan yang besar bagi Kita untuk bisa mengikuti jejak Rasulullah.

Jejak dakwah Rasulullah ada 2 macam ibadah yang bisa Kita lakukan, selain ibadah haji. Ada ibadah umroh atau haji kecil yang juga terdapat pahala jika melaksanakannya. Walaupun agak berbeda sedikit dalam ibadahnya, namun tetap saja ibadah ini dilakukan atas kehendak Allah.

Berikut informasi mengenai beberapa perbedaan ibadah haji dan umroh, yang mana Anda simak pada artikel berikut.

Beberapa Perbedaan Haji dan Umroh

haji-dan-umroh

Umroh merupakan suatu ibadah dalam agama Islam yang mana mirip dengan ibadah haji. Ibadah ini dilaksanakan di Kota Mekkah tepatnya di Masjidil Haram. Umroh yang artinya melaksanakan tawaf di Ka’bah dan sa’i di antara shofa dan marwah. Yang mana juga bisa disebut dengan haji kecil.

Umroh sendiri bisa dilaksanakan sewaktu-waktu setiap hari, setiap bulan, bahkan setiap tahun. Ibadah ini pun hanya dilaksanakan di Kota Makkah. Namun hal ini agak berbeda dengan ibadah haji. Ibadah haji hanya bisa dilaksanakan pada beberapa kurun waktu saja. Seperti halnya pada tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah yang mana dilaksanakan sampai keluar Kota Mekkah.

Walaupun besar keinginan Kita untuk menjalankan ibadah haji dan umroh, namun hal tersebut bisa saja berubah hukum wajib menjadi tidak wajib. Hal ini dikarenakan mampu atau tidaknya Kita melaksanakannya. Dalam arti bagi orang-orang yang merdeka dan mampu hukumnya wajib. Dan sebaliknya bagi orang-orang yang tidak mampu, ibadah haji dan umroh bisa saja tidak wajib untuk kita laksanakan.