Inilah Dahsyatnya Hikmah Ibadah Haji yang Bisa Kita Dapat

0
107

ibadah-haji

Banyak hikmah dari para jamaah  haji yang bisa Kita dapatkan ketika melaksanakannya. Ibadah mahdlah ini memang spesial. Dilaksanakan secara bersamaan umat muslim seluruh dunia satu kali dalam satu tahun. Ibadah haji menjadi salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh muslim yang telah memenuhi syarat wajibnya.

Meskipun membutuhkan perjuangan dan biaya yang tidak sedikit, orang-orang musim berbondong-bondong menunaikan ibadah yang satu ini. Banyak usaha dilakukan untuk memenuhi panggilan Allah ini. Lalu apa saja hikmah yang bisa didapat? Berikut selengkapnya.

Hikmah Melaksanakan Ibadah Haji

ibadah-haji

Inilah beberapa hikmah para jamaah haji yang bisa Anda peroleh :

  1. Ibadah haji dapat menghapus dosa-dosa masa lalu orang muslim. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Rasulullah. Rasulullah melanjutkan orang yang pulang dari haji/umroh seperti halnya seorang bayi yang tidak mempunyai dosa.
  2. Ibadah akan mendapatkan hadiah surga dari Allah. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Rasulullah, balasan haji mabrur adalah surga.
  3. Ibadah satu ini menurut Rasulullah juga dapat menghilangkan kefakiran/kemiskinan.
  4. Orang berhaji berarti menjawab panggilan Allah. Rasulullah pernah menyampaikan bahwa orang yang berjihad, haji, dan umroh menjadi tamu-tamu Allah.
  5. Ibadah ini juga dapat digunakan sebagai napak tilas perjuangan Nabi Ibrahim dan putranya dalam memperjuangkan agama Allah. Dengan begitu, Kita bisa mengambil hikmah dari perjuangan beliau.
  6. Ibadah ini juga menunjukkan, bahwa semua di hadapan Allah sama. Mereka melepaskan gelar kehormatan untuk berkumpul dan menghadap kepada Allah tanpa membeda-bedakan ras, suku, negara, dan status sosial.
  7. Saat wukuf, akan mengingatkan Kita pada kejadian yang akan Kita alami di padang Mahsyar. Dimana umat manusia dikumpulkan oleh Allah untuk mempertanggung jawabkan segala perbuatan di dunia.
  8. Ibadah ini juga menunjukkan dan membuktikan bahwa Kita berani dan mau berjuang di jalan Allah.

Itulah beberapa dahsyatnya hikmah haji yang bisa Anda dapatkan selama menjalani perjalanan spiritual ini. Untuk itulah, Kita harus benar-benar serius untuk mempersiapkannya. Baik dari segi finansial, fisik, hati, niat, sampai pengetahuan yang dibutuhkan.