Pentingkah ikut Manasik Haji?

0
21
manasik haji

Semua orang yang ingin pergi haji pastinya harus mengikuti manasik. Nah, pertanyaannya apakah Anda tahu seberapa pentingnya manasik haji sehingga setiap jamaah yang ingin pergi haji wajib hukumnya untuk mengikuti ini. Lebih lengkapnya akan diulas dibawah ini.

Manasik haji merupakan salah satu bentuk pelatihan sebelum menunaikan ibadah haji. Sebenarnya sudah ada banyak tuntunan yang beredar secara umum terkait dengan pelaksanaan ibadah haji. Banyak buku dan video yang beredar yang dengan mudah bisa dipelajari. Namun mempelajari pelaksanaan haji tidak bisa hanya lewat video atau buku saja. Hal terpenting yakni praktiknya dan ini hanya bisa dilakukan dengan manasik.

Tujuan utama dari ini sendiri yakni untuk mengetahui apa saja yang akan kita lakukan sebagai jamaah haji ketika telah sampai di Mekkah. Ini semua dilakukan untuk memudahkan kita nantinya ketika disana. Ketika manasik kita akan dipandu mulai doa yang digunakan dan tata cara dari setiap pelaksanaan ibadah haji yang hendak dilakukan agar sama dengan yang telah diajarkan oleh Rasululah shallahu alaihi wassalam.

Berikut beberapa manfaat mengikuti manasik yang perlu kita ketahui:

  1. Nantinya dalam manasik akan diajari semua doa mulai dari keluar rumah untuk pelaksanaan ibadah haji sampai nanti tiba kem,bali ke Indonesia dari Mekkah
  2. Tahu, paham dan bsia membedakan mana saja amalan ibadah yang wajib, sunah bahkan haram untuk dilaksanakan ketika di Tanah Suci.
  3. Mengetahui kondisi terkini dari Tanah Suci yang berguna sebagai persiapan ibadah haji. Misalnya terkait cuaca, transportasi, bahasa dan beberapa hal lainnya.
  4. Dapat saling mengenal antar jamaah sehingga nantinya ketika berada di Tanah Suci tidak kebingungan dan bisa saling membantu satu sama lain
  5. Akan diajarkan bahasa Arab dasar sebagai bekal untuk komunikasi di Mekkah nantinya
  6. Praktik kegiatan yang dilakukan ketika haji yang masuk golongan wajib, rukun, sunah dan haram.

Dari beberapa ulasan diatas, bisa disimpulkan adalah hal yang penting dilakukan untuk Anda yang ingin pergi beribadah haji. Belajar lewat teori saja tidak cukup, Anda juga harus mencobanya langsung agar nanti ketika berada di Tanah Suci, Anda sudah tahu apa saja yang harus dilakukan.