Manfaat Manasik Umroh untuk Para Jamaah

0
75

manasik-umroh

Kegiatan manasik umroh sangat penting dilakukan agar semua calon jamaah bisa memahami apa saja yang akan dilakukan saat beribadah di tanah suci. Manasik sendiri merupakan beberapa kegiatan untuk memperagakan pelaksanaan umroh berdasarkan, syarat, rukun, dan sunahnya. Oleh karena itu, para jamaah asal Indonesia sebaiknya melakukan manasik sebelum diberangkatkan.

Manasik merupakan panduan yang penting untuk para jamaah. Manasik adalah kegiatan penting untuk memahami segala aturan dalam umroh dan peragaan langsung. Hal ini bukan berarti hanya dilakukan saja oleh para jamaah asal Indonesia yang akan berangkat umroh, namun di beberapa negara melakukan hal yang sama untuk latihan umroh lebih dulu.

Untuk itu, memang sangat penting melakukan ibadah manasik. Simak manfaat lengkapnya di bawah ini.

Inilah Manfaat Bagi Para Jamaah yang Melakukan Manasik Umroh

manasik-umroh

Ibadah umroh memiliki pahala yang sangat besar di mata Allah. Karenanya, sebelum berangkat umroh ada baiknya para jamaah mengikuti kegiatan latihan umroh yang disebut dengan manasik. Semua calon jamaah dipandu pembimbing yang benar-benar ahli. Ia akan mengajari calon jamaah ketentuan umroh sesuai tuntunan Rasullah.

  1. Manfaat manasik dapat memudahkan jamaah umroh

Dari pembimbingan manasik, calon jamaah akan lebih mudah dan tepat dalam memahami apa saja serangkaian kegiatan umroh di tanah suci. Terlebih lagi jika para jamaah baru pertama kalinya akan melaksanakan umroh. Dari manasik calon jamaah mendapatkan training atau pelatihan khusus untuk ibadah umroh.

  1. Jamaah bisa memahami apa saja yang dilakukan saat umroh

Pelatihan khusus para calon jamaah umroh dimulai dari memahami syarat umroh, apa saja wajib umroh, rukun umroh, yang termasuk amalan-amalan sunah, sampai apa saja yang menjadi larangan ketika jamaah melaksanakan ibadah umroh.

  1. Para jamaah bisa mematuhi peraturan di tanah suci

Kegiatan manasik sendiri harus diikuti agar semua jamaah tahu dan patuh terhadap aturan yang ada di Arab Saudi. Manasik yang berupa panduan dan praktek akan membantu calon jamaah mendapatkan sosialisasi untuk menjaga mereka agar tidak mendapat masalah ketika di tanah suci.