Ini Dia Perbedaan antara Haji dan Umroh yang Perlu Anda Simak!

0
70

perbedaan-ibadah-haji-dan-umroh

Haji dan umroh menjadi salah satu ibadah  yang sangat di idam-idamkan oleh seluruh umat muslim yang ada di penjuru dunia. Sebagai pendekatan diri kepada Yang Maha Kuasa, ibadah haji dan umroh selalu menyimpan cerita tersendiri bagi masing-masing pribadi. Namun ternyata siapa sangka jika selama ini masih banyak orang yang bingung mengenai bedanya haji dan umroh loh!

Perbedaan haji dan umroh sebenarnya tidak terletak pada waktu atau durasi pelaksanaannya saja. Bagi Anda yang belum mengetahui apa perbedaannya, maka berikut informasi selengkapnya yang bisa disimak.

Apa Saja Perbedaan Haji dan Umroh?

perbedaan-ibadah-haji-dan-umroh1

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, terdapat beberapa perbedaan antara haji dan umroh yang selama ini masih banyak belum diketahui oleh orang. Dan berikut merupakan informasi yang memuat beberapa perbedaan tersebut :

  1. Perbedaan Pelaksanaan Haji dan Umroh

Perbedaan haji dan umroh yang pertama, adalah terletak pada sisi pelaksanaanya. Perlu diketahui bahwa rukun aturan yang dimiliki oleh ibadah haji akan lebih banyak jika dibandingkan dengan umroh.

Ketika Anda menjalankan umroh, Anda tidak memiliki kewajiban untuk melakukan wukuf di padang Arafah, melemparkan jumrah, dan juga bermalam di Muzdalifah dan Mina. Sementara itu, pada ibadah haji, melemparkan jumroh, wukuf di padang Arafah serta bermalam di Muzdalifah dan Mina menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan.

  1. Waktu Pelaksanaan Haji dan Umroh

Kemudian, perbedaan antara haji dan umroh yang kedua adalah mengenai waktu pelaksanaanya. Ibadah umroh boleh dilakukan kapan saja pada bulan apapun. Sedangkan ibadah haji  hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijah, khususnya pada tanggal 9 hingga 13 Dzulhijah.

  1. Hukum Melaksanakan Haji dan Umroh

Kemudian yang terkahir adalah mengenai hukum melaksanakannya. Pada ibadah haji, mayoritas ulama telah bersepakat jika hukumnya adalah wajib bagi orang atau umat muslim yang telah memenuhi persyaratan untuk haji.

Sementara itu, untuk ibadah umroh sendiri, menurut kesepakatan mayoritas ulama hukumnya adalah wajib sekali seumur hidup bagi orang yang mampu. Ada pula pandangan lain dari ulama jika umroh tidak wajib sebagaimana ibadah haji, akan tetapi sunah muakkadah.

Itulah beberapa perbedaan dari ibadah haji dan umroh. Bagi Anda yang ingin melaksanakan ibadah tersebut ke Tanah Suci maka jangan ragu untuk mempersiapkannya dari sekarang. Yakni dengan menabung dana sebagai biaya yang nanti akan dibayarkan kepada biro ataupun jasa umroh.