Rukun Umroh Yang Harus Diketahui

0
82
rukun umroh

Dalam tata cara Ibadah umroh secara bahasa umroh diartikan sebagai kunjungan ke suatu tempat. Sedangkan secara istilah melakukan ibadah dengan mengunjungi Baitullah untuk mengharapkan Ridla dari Allah SWT. Seperti halnya ibadah Haji, dalam tata cara Ibadah umroh ibadah umroh juga mempunyai rukun umroh dan wajib umrohnya.

Rukun umroh sendiri wajib dilakukan dalam ibadah umroh, dan tidak bisa digantikan dengan dam. Sedangkan wajib umroh, wajib dilakukan namun ketika tidak melakukanya, bisa digantikan dengan membayar dam.

Di dalam Mazhab Syafi`i ibadah umroh seperti halnya haji, wajib dilakukan ketika sudah mampu satu kali seumur hidup. Mampu di sini baik secara finansial, waktu, fisik, maupun kesempatan.

Penjelasan Rukun Umroh

rukun-umroh

Sebagai bekal Anda ketika melakukan ibadah umroh, kami paparkan sedikit rukun ada 5 Berikut penjelasanya :

  1. Ihram
    Ihram niat mengerjakan ibadah umroh. Dimana setelah niat ini, jamaah umroh sudah tidak boleh lagi menjalankan semua hal yang dilarang selama menjalankan umroh. Kaena itulah sebelum niat ihram, jamaah umroh sudah memakai pakaian umroh. Sedangkan untuk waktu dan tempanya disesuaikan dengan pemberangkatanya.
  2. Tawaf
    Salah satu ritual umroh yang dilakukan dengan mengelilingi Ka`Bah sebanyak 7 kali. Dalam pelaksanaanya letak Ka`Bah ada di sisi kiri jamaah. Sedangkan tempat mulai dan akhir putaran Thawaf, luruh dengan hajar Aswad.
  3. Sai
    Ini adalah melakukan lari kecil dari bukit shafa ke bukit Marwa 7 kali jalan. Maksutnya dari shafa ke Marwa dihitung satu, dari Marwa ke Shafa dihitung 1. Jadi 7 kali jalan itu terakhir di gunung Marwa.
  4. Tahalul
    Terakhir yang menandakan bahwa Umroh telah selesai dan boleh melakukan hal-hal yang sebelumnya dilarang. Tahalul dilakukan dengan mencukur sebagian rambut kepala.

Itulah rukun-rukun umroh yang wajib dilakukan oleh jamaah umroh. Rukun ini memang hampir sama dengan haji. Namun di dalam tata cara ibadah umroh tidak ada ritual wukuf di Arafah yang mana ini hanya dilakukan di bulan Dzulhijjah.