Beberapa Syarat Ibadah Haji yang Harus Dipenuhi

0
136
syarat-haji

Rukun Islam merupakan sebuah dasar dalam agama Islam. Rukun ini merupakan suatu pondasi besar dalam kehidupan untuk menjadi seorang muslim yang taat. Rukun Islam terdiri dari 5 perkara, yakni syahadat, sholat, zakat, puasa, dan haji. Dalam ibadah haji sendiri ada syarat haji yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang melaksanakannya.

Bagi Kita seorang muslim, beribadah haji memang sudah menjadi impian untuk menyempurnakan akhlak agar selalu taat kepada Allah. Namun tidaklah semua orang bisa melaksanakan rukun Islam tersebut, tak lain haji hanya bagi orang-orang yang mampu saja.

Secara istilah haji merupakan berziarah ke Baitullah dengan niat ibadah Lillahita’ala, sesuai aturan yang ada. Bagi calon jamaah haji, tentunya harus memiliki syarat-syarat wajib yang mana harus sudah terpenuhi sebelumnya. Sebab syarat-syarat tersebut merupakan keutamaan bagi mereka yang sudah atau belum wajib menjalankan ibadah tersebut.

Berikut beberapa syarat sah wajib haji yang harus terpenuhi:

  1. Islam

Pertama adalah ibadah haji hanya boleh dilaksanakan oleh orang-orang yang memeluk agama Islam. Dengan ketentuan mengikuti jejak Rasulullah dimasa perjalanan dakwah atas perintah Allah.

  1. Baligh

Baligh memang merupakan syarat wajib haji, seperti halnya anak-anak yang belum sampai umur atau taklifi, maka belum wajib melaksanakan ibadah haji. Namun jika haji dikerjakan dengan memenuhi syaratnya, maka tetap sah walaupun belum cukup umur.

  1. Berakal, sehat jasmani rohani

Selanjutnya yang ketiga adalah berakal sehat jasmani rohani, syarat berakal sehat jasmani rohani sama halnya dengan syarat baligh berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Abu Daud, dan Tirmidzi.

  1. Mampu

Walaupun ibadah haji dianggap wajib, namun masih ada banyak hal mengenai syarat wajib dalam ibadah haji. Dalam arti ibadah haji wajib dilaksanakan bagi orang-orang yang mampu. Dan sebaliknya, tidak wajib bagi orang-orang yang belum mampu.

  1. Merdeka

Dalam syariat Islam juga dijelaskan bahwa ibadah haji tidaklah wajib bagi seorang budak. Jika dilaksanakan memang tetap sah namun belum memenuhi syarat haji dalam Islam.

Itulah beberapa yang harus ditaati bagi seorang muslim yang ingin melaksanakan ibadah haji. Sehingga tidak sah ibadah seseorang tanpa memenuhi beberapa syarat di atas.